KEGIATAN KELAS IBU HAMIL BULAN JANUARI 2024 - WUJUDKAN IBU HAMIL YANG SEHAT

  • Jan 15, 2024
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat

TB. Barat – Senin,  15 Januari 2024, bertempat di Balai Banjar Tengah Desa Tegalbadeng Barat telah dilakukan kegiatan Kelas Ibu Hamil, Kegiatan dilaksanakan sebagai inovasi memberi kemudahan para ibu hamil saat persalinan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Petugas Kesehatan UPTD Puskesmas II Negara, yang dihadiri oleh 5 (lima) orang peserta ibu hamil.

Di kelas ibu hamil akan diberikan pengetahuan lengkap seputar apa saja yang harus diketahui oleh seorang ibu selama hamil. Mulai dari gizi seimbang ibu hamil, persiapan menghadapi proses persalinan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan pasca persalinan dan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos / kepercayaan / adat istiadat setempat, penyakit menular seksual dan akte kelahiran.

Ada beberapa hal penting yang perlu Bumil lakukan untuk menjaga kehamilan di trimester pertama tetap sehat, yaitu:

  1. Minum vitamin untuk ibu hamil. 
  2. Jauhi asap rokok. 
  3. Konsumsi makanan bergizi seimbang.
  4. Banyak minum air putih.
  5. Tidur lebih awal.
  6. Hindari aktivitas yang membahayakan kehamilan.

Setelah pemaparan materi oleh bidan desa, dilakukan diskusi tanya jawab dengan peserta. Pada setiap akhir pertemuan dilakukan senam hamil. Senam hamil ini merupakan kegiatan/materi ekstra di kelas ibu hamil, diharapkan dapat dipraktekan setelah sampai di rumah. Tujuan kelas ibu hamil diharapkan dapat meminimalisir angka kematian ibu (AKI).

Segala perubahan yang terjadi saat kehamilan bisa menyebabkan Bumil menjadi mudah lelah dan enggan untuk melakukan aktivitas apa pun. Walau sedang hamil, Bumil tetap dianjurkan untuk aktif bergerak dan rutin berolahraga. Nah, salah satu jenis olah raga yang dianjurkan untuk para ibu hamil adalah senam hamil.

Melalui senam hamil, ibu hamil akan diajarkan cara mengurangi kecemasan dan mengurangi rasa takut dengan cara relaksasi fisik dan mental, serta mendapatkan informasi untuk mempersiapkan tentang apa saja yang akan terjadi selama persalinan. Senam hamil ini bisa dilakukan dimana saja, namun untuk hasil yang maksimal, akan lebih baik lagi jika mengikuti petunjuk instruktur.

Selama kegiatan kelas ibu hamil berlangsung dengan aman dan lancar.