KELAS IBU HAMIL TEGALBADENG BARAT BULAN FEBRUARI 2024

  • Feb 23, 2024
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat

TB. Barat – Jum'at, 23 Februari 2024, bertempat di Balai Banjar Tengah Desa Tegalbadeng Barat telah dilakukan kegiatan Kelas  Ibu Hamil. Kegiatan dilaksanakan sekali setiap bulannya sebagai inovasi memberi kemudahan para ibu hamil saat persalinan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh petugas kesehatan UPTD Puskesmas II Negara dibantu oleh Bidang Desa yang difasilitasi oleh Pemerintah Desa Tegalbadeng Barat. Adapun ibu-ibu yang mengikuti kelas senam ibu hamil hari ini sejumlah 5 orang ibu hamil.

Segala perubahan yang terjadi saat kehamilan bisa menyebabkan Bumil menjadi mudah lelah dan enggan untuk melakukan aktivitas apa pun. Walau sedang hamil, Bumil tetap dianjurkan untuk aktif bergerak dan rutin berolahraga. Nah, salah satu jenis olah raga yang dianjurkan untuk para ibu hamil adalah senam hamil. Melalui senam hamil, ibu hamil akan diajarkan cara mengurangi kecemasan dan mengurangi rasa takut dengan cara relaksasi fisik dan mental, serta mendapatkan informasi untuk mempersiapkan tentang apa saja yang akan terjadi selama persalinan. Senam hamil ini bisa dilakukan dimana saja, namun untuk hasil yang maksimal, akan lebih baik lagi jika mengikuti petunjuk instruktur. Manfaat senam hamil bagi para calon ibu Wanita hamil sebaiknya melakukan senam hamil sejak bulan pertama kehamilan. Namun, pastikan Anda konsisten melakukannya. Manfaat akan didapat lebih maksimal jika Anda hamil 6 bulan ke atas. Tidak hanya populer, ada berbagai manfaat senam hamil yang bisa didapatkan oleh para calon ibu.

1.   Meningkatkan energi Salah satu tujuan latihan ini adalah meningkatkan energi dalam tubuh. Ya, saat hamil, Anda mungkin cenderung merasa lebih mudah lelah. Nah, dengan rutin melakukannya, Anda bisa memiliki lebih banyak energi energi untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Untuk melakukan senam hamil, Anda perlu melakukan perubahan gerakan tertentu agar tidak membahayakan janin di dalam kandungan.

2.   Menurunkan risiko terjadinya komplikasi Tujuan senam untuk hamil berikutnya adalah menurunkan risiko komplikasi penyakit yang cenderung muncul selama masa kehamilan, seperti preeklampsia dan diabetes gestasional. Selain itu, rutin melakukan senam ibu hamil juga bisa membantu menurunkan risiko persalinan Caesar. Akan tetapi, bagi Anda yang telah didiagnosis preeklampsia atau hipertensi dalam kehamilan, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan senam hamil. Tergantung kondisi kesehatan dan usia kehamilan, dokter mungkin bisa saja membatasi atau melarang Anda untuk melakukan olahraga.

3.   Mengurangi rasa tidak nyaman selama hamil Dengan melakukan senam hamil, tubuh Anda akan lebih aktif bergerak. Saat hamil, Anda cenderung mengalami nyeri atau rasa tidak nyaman, seperti nyeri punggung atau nyeri bagian tubuh lainnya, sembelit saat hamil, atau perut kembung. Anda bisa melakukan senam ibu hamil agar tubuh Anda lebih aktif bergerak sehingga membantu kelancaran peredaran dalam tubuh. Di samping itu, senam hamil juga bermanfaat untuk memperkuat otot dan mengatasi nyeri selama masa kehamilan.

4.   Meredakan stres dan membangkitkan suasana hati Para ibu hamil rentan mengalami stres selama kehamilan. Kadar hormon endorfin dalam tubuh juga akan meningkat sehingga mengurangi stres dan membangkitkan mood. Senam hamil juga dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh, yaitu zat kimia otak yang berhubungan dengan suasana hati. Akibatnya, Anda akan menjadi lebih bahagia dan bersemangat.

5.   Membuat tidur lebih nyenyak Seiring bertambahnya usia kehamilan, banyak wanita hamil yang mengalami sulit tidur karena tak kunjung menemukan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil yang nyaman. Jika rutin, Anda dapat tidur lebih nyenyak saat waktu tidur tiba.

6.   Menurunkan tekanan darah Menurut sebuah hasil studi, melakukan olahraga, termasuk senam hamil, dapat menjaga tekanan darah Anda tetap dalam kondisi stabil.

7.   Membantu tubuh mempersiapkan proses persalinan Senam ibu hamil dipercaya dapat membantu persalinan lebih mudah dan memperpendek waktu persalinan. Sebuah riset kecil yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan, wanita hamil yang rutin mengikuti kelas senam tiga kali dalam seminggu selama hamil, melewati proses persalinan lebih cepat dibandingkan dengan wanita hamil yang tidak mengikutinya.

8.   Memperbaiki posisi bayi yang sungsang Beberapa gerakan senam bisa mengatasi posisi kepala bayi yang sungsang. Beberapa di antaranya adalah gerakan senam hamil squat. Posisi bayi yang sungsang perlu diperbaiki, terlebih jika sang ibu menghendaki persalinan normal. Pasalnya, posisi ini dapat menghambat persalinan atau bahkan membutuhkan operasi caesar.

9.   Membantu proses pemulihan lebih cepat setelah melahirkan Rutin melakukan senam untuk ibu hamil membuat otot-otot tubuh menjadi lebih kuat. Ketika kekuatan otot tubuh sudah terbiasa dilatih selama kehamilan, maka Anda akan lebih cepat pulih kembali setelah melahirkan.