PENYERAHAN BIBIT SAPI BETINA KEPADA KELOMPOK MULIA SEJAHTERA BANJAR TELUK LIMO

  • Nov 24, 2023
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat

Tb. Barat, Jum'at, 24 Nopember 2023. Bertempat di Banjar Teluk Limo dilaksanakan kegiatan penyerahan bibit sapi betina kepada kelompok sapi ternak Mulia Sejahtera. Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan APBDes Tahun Anggaran 2023 yang merupakan juga pelaksanaan program pemerintah yaitu ketahanan pangan hewani, dimana kegiatan tersebut meliputi bidang peternakan yaitu berupa bibit sapi. Salah satu kelompok sapi ternak yang mendapatkan bantuan adalah Kelompok Sapi Ternak Mulia Sejahtera Banjar Teluk Limo sebanyak 4 ekor bibit sapi. 

Hadir pada saat penyerahan bibit sapi tersebut Bapak KaSi Pelayanan Desa Tegalbadeng Barat selaku bidang pelaksana, Bapak Kelian Dinas se-Desa Tegalbadeng Barat, Ibu Ketua BPD, Ibu Ketua LPM, Bapak Bhabinkamtibmas, Bapak Babinsa, Ibu Pendamping Lokal Desa, serta anggota kelompok sapi ternak.

Diharapkan dengan adanya bantuan bibit sapi kepada kelompok ternak sapi tersebut dapat memenuhi akan kebutuhan dan ketersediaan pangan tercukupi dan meningkatkan kesejahteraan para kelompok ternak sapi yang bersangkutan.

Ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dari jumlah maupun mutunya, aman, merata, dan terjangkau

Kebijakan ketahanan pangan di desa, merujuk pada upaya pencapaian SDGs Desa utamanya pada terwujudnya Desa Tanpa Kemiskinan, Desa Tanpa Kelaparan, Desa Sehat dan Sejahtera, Infrastruktur dan Inovasi Desa sesuai kebutuhan.

Ketersediaan pangan merujuk pada kemampuan rumah tangga untuk mendapatkan makanan melalui produksi sendiri, pembelian, stok, atau bantuan disebut akses pangan. Akses pangan dapat dipengaruhi oleh beberapa hal. Ini termasuk akses ekonomi, yang berarti Anda memiliki uang untuk membeli makanan, akses fisik, yang berarti Anda memiliki infrastruktur, dan akses sosial, yang berarti Anda memiliki dukungan sosial seperti barter, pinjaman, atau program jaring pengaman sosial.

Selama kegiatan berlangsung dengan aman, damai dan lancar.