PERTEMUAN KEGIATAN OPERASIONAL KETAHANAN KELUARGA BERBASIS POKTAN PROGRAM BANGGA KENCANA DESA TEGALBADENG BARAT

  • Nov 08, 2023
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat

Tb. Barat - Rabu, 8 Nopember 2023. Bertempat di Aula Perbekel Tegalbadeng Barat dilakukan kegiatan Pertemuan Kegiatan Operasional Ketahanan Keluarga Berbasis Kelompok Kegiatan (Poktan) Program Bangga Kencana Desa Tegalbadeng Barat. Hadir pada saat kegiatan Bapak Sekretaris Desa I Wayan Wardana, Penyuluh Kampung KB Bapak I Made Yakin Satria Negara, KaUr Perencanaan Desa Tegalbadeng Barat Agus Firdaus Siahaya, Tim Perwakilan BKKBN Kabupaten Jembrana dan Tim, Kader BKL serta perwakilan warga lansia Desa Tegalbadeng Barat. 

Adapun kegiatan ini dilaksananakan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kader Poktan dalam Program Bangga Kencana sebagai upaya Peningkatan Ketahanan Keluarga dan Percepatan Program Prioritas Nasional serta agar seluruh keluarga nantinya memiliki bekal pengetahuan yang cukup untuk menyiapkan lansianya menjadi lansia tangguh serta juga mendapat pengetahuan yang mendalam mengenai perawatan jangka panjang bagi Lansia dengan memberikan pemahaman tentang konsep dasar Lansia Tangguh yang dapat dilihat dari 7 (tujuh) Dimensi Lansia Tangguh. Tujuh Dimensi Lansia Tangguh antara lain Dimensi Spiritual, Dimensi Intelektual, Dimensi Fisik, Dimensi Emosional, Dimensi Sosial Kemasyarakatan, Dimensi Profesional dan Vokasional, dan Dimensi Lingkungan.

Apa yang dimaksud dengan lansia tangguh?

Lansia tangguh ialah ketika seseorang ataupun kelompok lanjut usia memiliki karakteristik sehat, mandiri, aktif, dan produktif. Lansia tangguh potensial dapat dibentuk melalui optimalisasi dimensi vokasional. Dimensi vokasional adalah keahlian atau kemampuan yang dimiliki seorang lansia.

Dalam penyampaiannya Bapak Penyuluh Kampung KB Bapak I Made Yakin mengatakan "Ketahanan keluarga mencerminkan kecukupan dan kesinambungan akses suatu keluarga terhadap pendapatan dan sumber daya agar mampu memenuhi kebutuhan dasarnya, seperti pangan, air bersih, pelayanan kesehatan, pendidikan, perumahan, partisipasi di dalam masyarakat, dan integrasi sosial".

“Diharapankan perwakilan lansia dapat memahami dan bisa menginformasikan ke lansia lainnya dalam mendukung program posyandu lansia ini serta memperoleh warga lansia dengan kualitas hidup lansia yang semakin baik dan tangguh.

“Kegiatan program posyandu lansia untuk meningkatkan kualitas hidup lansia dengan memberikan pelayanan kesehatan yang ramah bagi lanjut usia sehingga dapat berdayaguna bagi keluarga dan terus memiliki samangat serta motivasi harapan hidup yang lebih lama dengan keadaan sehat, bugar, dan tangguh”imbuh Bapak Made Yakin.

Selama kegiatan berjalan dengan baik, tertib dan lancar.