POSYANDU BALITA PUANA PANTAI BULAN NOPEMBER 2023

  • Nov 06, 2023
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat

Tb. Barat - Senin, 6 Nopember 2023. Bertempat di Lingkungan Masjid Al-Iqrom Banjar Teluk Limo dilaksanakan kegiatan Posyandu Balita. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Kader Posyandu Puana Pantai Banjar Teluk Limo, didampingi oleh Bidan Desa serta petugas kesehatan UPTD Puskesmas 2 Negara. Kegiatan Posyandu Balita dilaksanakan di Desa Tegalbadeng Barat di setiap banjar tiap bulannya.

Posyandu merupakan jenis pelayanan kepada anak berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak. Manfaat Posyandu ialah memberikan layanan kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare.

Jenis-jenis kegiatan Posyandu Balita antar lain :

1. Penimbangan Balita: Penimbangan secara rutin di posyandu untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula.

2. Imunisasi 
Di posyandu balita akan mendapatkan layanan imunisasi yang diberikan sesuai usia. 
Macam imunisasi yang diberikan di posyandu adalah 
- BCG untuk mencegah penyakit TBC.
- DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus.
- Polio untuk mencegah penyakit kelumpuhan.
- Hepatitis untuk mencegah penyakit hepatitis (penyakit kuning).
- Campak untuk mencegah penyakit campak pada balita

3. Peningkatan Gizi 
Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh petugas puskesmas dan bidan desa berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita.

Kegiatan berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.