POSYANDU LANSIA TEGALBADENG BARAT JANUARI 2024

  • Jan 08, 2024
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat

Tb. Barat - Senin, 08 Januari 2024. Bertempat di Aula Kantor Perbekel Tegalbadeng Barat, telah dilaksanakan kegiatan Posyandu Lansia. Kegiatan di awal Tahun 2024 ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 08 Januari 2024, di mana kegiatan tersebut meliputi pemeriksaan, tensi darah, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, dan kegiatan lain-lain. Kegiatan ini dilaksakan oleh Kader Bina Keluarga Lansia dibantu oleh Bidan Desa dan Petugas Kesehatan dari UPTD Puskesmas II Negara, kegiatan hari tersebut dihadiri oleh sebanyak 32 orang yang memeriksakan diri dengan berbagai macam keluhan kesehatan..

Posyandu lansia memiliki peran penting untuk menjaga kualitas hidup Lansia di masyarakat, karena posyandu lansia merupakan unit pelayanan kesehatan terkecil yang paling dekat keseharian warga dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para orang tua yang lebih rentan terhadap penyakit.

Sasaran posyandu lansia meliputi sasaran langsung dan sasaran tidak langsung. Sasaran langsung adalah pra-usia lanjut (45-59 tahun), usia lanjut (60-69 tahun), dan usia lanjut risiko tinggi, yaitu usia lebih dan 70 tahun atau usia lanjut berumur 80 tahun atau lebih dengan masalah kesehatan. Sasaran tidak langsung Posyandu lansia meliputi : keluarga lansia, organisasi sosial di bidang pembinaan orang lanjut usia, dan masyarakat luas.

Tujuan umum dari posyandu lansia adalah untuk meningkatkan kesejahteraan lansia, baik fisik maupun psikologis, melalui kegiatan posyandu lanjut usia yang mandiri dalam masyarakat.

Tujuan khususnya meliputi:

  • Meningkatkan kesadaran para usia lanjut untuk membina sendiri kesehatannya, baik kesehatan fisik dan psikologis.
  • Meningkatkan kemampuan dan peran serta keluarga dan masyarakat dalam mengatasi kesehatan usia lanjut.
  • Meningkatkan jenis dan jangkauan pelayanan kesehatan usia lanjut.
  • Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan usia lanjut.

Kegiatan pelayanan kesehatan untuk lansia ini berjalan dengan aman, lancar dan tertib.