PUSKESMAS PEDULI LANSIA PLUS-PLUS - POSYANDU LANSIA DESA TEGALBADENG BARAT BULAN NOPEMBER 2023

  • Nov 08, 2023
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat

Tb. Barat - Rabu, 08 Nopember 2023. Bertempat di Aula Perbekel Tegalbadeng Barat diadakan kegiatan Posyandu Lansia. Kegiatan pelayanan kesehatan ini dilaksanakan oleh Petugas Kesehatan Puskesmas UPTD II Negara didampingi oleh Bidan Desa serta para Kader Posyandu Lansia Desa Tegalbadeng Barat, kegiatan hari tersebut dihadiri oleh sebanyak 45 orang yang memeriksakan diri dengan berbagai macam keluhan kesehatan

Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Posyandu lansia merupakan suatu fasilitas pelayanan kesehatan yang berada di desa-desa yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya bagi warga yang sudah berusia lanjut. Posyandu lansia adalah wahana pelayanan bagi kaum usia lanjut yg dilakukan dari, oleh, dan untuk kaum usia yg menitikberatkan pd pelayanan promotif dan preventif tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitative. 

Peran kader kesehatan lansia menjadi sangat penting karena sebagai ujung tombak pembinaan kesehatan lansia di masyarakat. Kader dapat berperan dalam penyuluhan, penggerakan masyarakat, membantu pelayanan serta pendampingan terhadap lansia dan keluarganya.

Jenis kegiatan yang dilakukan di Posyandu Lansia yaitu: pengukuran IMT yang terdiri dari pengukuran berat badan dan tinggi badan, pemeriksaan tekanan darah, cek kadar gula darah dan kolesterol (bukan setiap bulan), kegiatan konseling dan penyuluhan kesehatan, serta aktifitas fisik seperti senam di luar jadwal posyanduDilakukan Pengukuran Berat Badan dan Tinggi Badan Warga Lansia, Pemeriksaan Tekanan Darah (Tensi) dan dilakukan pemeriksaan Lanjutan Lainnya serta Pemberian Obat, Penyuluhan terhadap Lansia untuk memberikan Wawasan Kesehatan di Usia Lanjut serta Bentuk Pencegahannya.

Sedangkan Tujuan Posyandu Lansia adalah sbb : Meningkatnya jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia

Selama kegiatan berjalan dengan aman, tertib dan lancar