RAPAT KOORDINASI JURU DINAS/RT SE-DESA TEGALBADENG BARAT

  • Nov 09, 2023
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat

Tb. Barat - Kamis, 09 Nopember 2023. Bertempat di Aula Perbekel Tegalbadeng Barat dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Juru Dinas/RT se-Desa Tegalbadeng Barat. Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Perkebel, Ketua BPD, Ketua LPM, Kelian Dinas se-Desa Tegalbadeng Barat, Bhabinkamtibmas, PolPraDes dan para Juru Dinas/RT se-Desa Tegalbadeng Barat.

Acara tersebut dibuka oleh Bapak Perbekel Tegalbadeng Barat I Made Sudiana. Beliau dalam sambutannya menyampaikan kesejahteraan Juru Dinas/RT untuk tahun ini sudah ditingkatkan seratus persen, peningkatan insentif ini diperjuangkan oleh Bapak Bupati beserta para Kepala Desa se-Kabupaten Jembrana yang sumber dananya berasal dari anggaran masing-masing desa. Oleh karena insentif telah ditingkatkan dimohon kepada para Juru Dinas/RT untuk meningkatkan kinerja di dalam melayani masyarakat karena kinerja dari para Juru Dinas/RT selalu dalam pantauan Pemerintah Daerah dalam hal ini Bapak Bupati selalu memantau. Isentif akan segera direalisasikan secara non tunai melalui rekening bank masing-masing Juru Dinas/RT sehingga transparansi keuangan anggaran desa bisa dipertanggung jawabkan.

"Masing-masing Juru Dinas/RT mohon untuk meningkatkan kebersihan di pinggir-pinggir jalan. Mohon dihimbau dan ajak warganya untuk gotong-royong membersihkan parit, rumput atau pagar hidup yang sudah saatnya dipangkas, juga diminta kepedulian kepada warga yang membutuhkan uluran bantuan yang mungkin sedang sakit, atau permasalahan-permasalahan dimasyarakat mohon dilaporkan kepada Kelian Dinas, Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa agar cepat mendapat bantuan atau uluran tangan", tegas beliau.

Pak Perbekel juga menghimbau di tahun politik ini yaitu menjelang Pemilu 2024 yang diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2024, untuk dapat menahan diri karena perbedaan pilihan parpol, untuk menjaga kerukunan agar tidak menjadi permusuhan, karena perbedaan adalah hal yang wajar dalam berdemokrasi. Beliau juga menyinggung masalah pemilihan kepala desa sebagai pemimpin desa yang akan dilaksanakan 2 (dua) tahun lagi yaitu di Tahun 2025. "Diharapkan untuk bisa dikomunikasi dari sekarang, hindari gesekan-gesekan, gontok-gontokan, jika bisa dikomunikasi dengan baik". pungkas beliau.

Ketua BPD Ibu Sri Suardani pada kesempatan tersebut menyampaikan "Untuk tahun 2024 sudah keluar untuk rincian prioritas penggunaan dana desa, kami di BPD juga akan mempelajari perubahan-perubahan di dalam prioritas penggunaan dana desa. Jadi kami mohon kepada Juru Dinas/RT untuk jangan ragu-ragu di dalam menyampaikan aspirasi kepada kami sebagai perwakilan masyarakat, diharapkan kepada para Juru Dinas/RT untuk menyampaikan permasalahan-permasalahan atau apa yang diperlukan di wilayah Juru Dinas/RT masing-masing sehingga bisa diakomodir di dalam anggaran atau dimasukan ke dalam daftar usulan rencana kerja pemerintah (RKP) sehingga bisa dianggarkan dalam pengaplikasi kegiatan tahun berikutnya". kata beliau.

"Dengan ditambahkannya insentif kepada Juru Dinas/RT diharapkan kinerja bertambah semangat, ke depannya menjadi lebih optimal dalam bekerja melayani masyarakat, terima kasih juga disampaikan kepada Pemerintah Desa yang telah berjuang dan meningkatkan insentif kepada para Juru Dinas/RT. Ke depannya didalam kegiatan gotong-royong kebersihan atau kegiatan-kegiatan lainnya diminta kepada para Juru Dinas/RT untuk memberikan informasi kepada perwakilan BPD yang berada di wilayah masing-masing para Juru Dinas/RT agar nantinya bisa ikut berpartisipasi di dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan". pungkasnya.

Selanjutnya Ketua LPM Ibu Ketut Ardani memberikan masukan kepada para Juru Dinas/RT untuk lebih memperhatikan sampah yang banyak berserakan ditemukan di jalan, dan mengusulkan kepada pemerintahan desa untuk memasang anggaran yang nantinya digunakan untuk perlombaan kebersihan di wilayah masing-masing Juru Dinas/RT, sehingga bisa memotivasi untuk bergerak membersihkan wilayahnya masing-masing.

Bhabinkamtibmas Bapak Iptu I Komang Dartama dalam kesempatan tersebut menghimbau kepada para Juru Dinas/RT agar menyampaikan kepada warga masyarakat berdasarkan himbauan dari Bapak Kapolres maupun Kapolsek berkaitan dengan Pemilu 2024, seperti yang telah disinggung di atas oleh Bapak Perbekel agar kondisi dimasyarakat menjadi kondusif, bahwa perbedaan itu menjadi hal yang biasa karena berbeda memilih itu menjadi hak setiap orang, tetapi jangan sampai perbedaan tersebut bisa menimbulkan permusuhan dengan teman, keluarga, tetangga, tetapi saya yakin di Desa Tegalbadeng Barat tidak akan terjadi demikian. Saya berharap gesekan-gesekan yang nantinya timbul dapat diselesaikan dengan baik. Berterima kasih kepada pemerintah desa karena telah bersinergi dalam menangani permasalahan-permasahan yang terjadi di masyarakat hingga bisa diselesaikan di tingkat desa, mohon maaf jika masih banyak ada kekurangan-kekurangan dalam bertingkah laku maupun bertutur kata.

Dalam kesempatan tersebut Bapak Perbekel juga menyampaikan prihal program "Tisira" yaitu Tim Siaga Rabies (TISIRA) ini antara lain melakukan penyuluhan rabies kepada masyarakat, membantu pendataan populasi anjing yang ada di Desa serta membantu pengawasan populasi anjing dan lalu lintas anjing. Diminta kepada Para Juru/Dinas untuk membantu mendata jumlah anjing yang ada di warga masyarakat, agar populasi anjingnya bisa dikontrol, karena banyak keluhan dari warga masyarakat mengenai gigitan anjing (rabies) dan warga yang menabrak anjing di jalan.

Selama kegiatan berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.