SENAM NANGUN SAT KERTHI LOKA BALI BERSAMA ANGGOTA KARANG LANSIA TEGALBADENG BARAT BULAN NOPEMBER 2023

  • Nov 08, 2023
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat

Tb. Barat - Rabu, 08 Nopember 2023. Bertempat di Aula Perbekel Tegalbadeng Barat, Anggota Karang Lansia Werda Karya Winangun Desa Tegalbadeng Barat melakukan aktivitas rutin olah-raga yaitu senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali dengan durasi sekitar 30 menit. Hadir pada saat tersebut para anggota karang lansia dan beberapa warga masyarakat lainnya.

Secara umum dikatakan bahwa olahraga pada lansia menunjang kesehatan dengan meningkatkan nafsu makan, membuat kualitas tidur lebih baik, dan mengurangi kebutuhan obat-obatan. Olahraga yang baik bagi lansia adalah jalan kaki, jogging ringan, senam untuk lansia, bersepeda sesuai kemampuan masing-masing, yoga dan aerobik ringan.

Olahraga terbukti memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh lansia. Senam lansia bisa menjadi solusi untuk para lansia agar tetap aktif bergerak dan berolahraga di usia senja.

Senam merupakan jenis olahraga yang membutuhkan kekuatan, keseimbangan, kelenturan, kelincahan, daya tahan, dan koordinasi tubuh. Olahraga ini sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh semua orang dari segala usia, tidak terkecuali mereka yang telah lanjut usia.

Jadi senam lansia adalah serangkaian gerak nada yang teratur dan terarah serta terencana yang diikuti oleh orang lanjut usia yang dilakukan dengan maksud meningkatkan kemampuan fungsional raga untuk mencapai tujuan tersebut.

Berapa lama senam lansia?

Untuk durasinya, pastikan bahwa setiap jadwal olahraga dilakukan setidaknya 10 menit dan maksimal 30 menit. Apabila sudah terbiasa dengan patokan minimal tersebut, para lansia dapat meningkatkan intensitas dan durasinya hingga 300 menit dalam seminggu.

Yuk, rutin melakukan senam lansia sekarang juga agar tubuh tetap sehat dan bugar meski usia sudah tidak muda lagi