UPACARA PENGERUAK PELINGGIH PENUNGGUN KARANG, PELINGGIH PADMASANA DAN PELINGGIH LEBUH DI TK CANDRA KIRANA

  • Oct 31, 2023
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat

Tb. Barat - Selasa, 31 Oktober 2023. Bertempat di Taman Kanak-Kanan Candra Kirana Desa Tegalbadeng Barat telah dilaksanakan kegiatan Upacara Pengeruak Pelinggih Penunggun Karang, Pelinggih Padmasana dan Pelinggih Lebuh. Hadir pada kegiatan tersebut Ibu Kepala Sekolah TK Candra Kirana, Para Guru, Bapak Kelian Dinas se-Desa Tegalbadeng Barat. Upacara dipuput oleh Jro Mangku Kade Mertayasa. 

Upacara Pangeruak atau Ngeruwak Bhuwana adalah upacara yang dilaksanakan sebelum mulai pengerjaan bangunan baru baik rumah ataupun bangunan-bangunan lainnya termasuk diantaranya bangunan fasilitas umum ataupun membuat bangunan suci sebagai permohonan kehadapan para Bhuta Kala agar mereka tidak mengganggu, sehingga Upacara ini juga dimaksudkan sebagai upaya sistem pengamanan dari sisi alam Niskala serta permohonan izin kepada Pertiwi (Bumi).

Menurut Jro Mangku, "Permohonan itu disebutkan dalam sastra Hindu di Bali dapat dipersembahkan berupa Caru Eka Sata, yakni dalam tahapan upacara membuat bangunan disebutkan dilengkapi dengan Caru Ayam Brumbun, dengan segala perlengkapannya".

Setelah itu, baru dilanjutkan dengan mengukur lokasi bangunan dengan ketentuan Asta Kosala, Asta Dewa, Asta Bhumi juga Asta Patali, sesuai dengan kegunaannya kemudian dilanjutkan dengan persembahyangan bersama oleh para penyungsung (pengguna) bahkan diikuti oleh para pekerja bangunan. Seusai persembahyangan kemudian semua bunga maupun kwangen yang digunakan sarana dalam persembahyangan dikumpulkan, untuk ikut dijadikan dasar.

“Apabila unsur-unsur dimaksud telah harmonis akan dapat menimbulkan kekuatan positif. Inilah satu diantara kegiatan Ajeg Bali yang dipakemkan oleh para Leluhur Bali sehingga kita senantiasa dapat menjaga keharmonisan Bhuta Hita karena itu sangatlah penting dilakukan agar senantiasa dapat menjaga kelestarian alam supaya tetap sejahtera. Setelah rampung seluruh bangunan, barulah diakhiri dengan upacara melaspas yang merupakan upacara pembersihan dan penyucian bangunan yang baru selesai dibangun atau baru dioperasionalkan,” jelas Jro Mangku.

Selama kegiatan berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.