HARI KESIAPSIAGAAN BENCANA TAHUN 2024

  • Apr 26, 2024
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat

Tb. Barat - Jum'at, 26 April 2024. Bertempat di Aula Perbekel Tegalbadeng Barat telah dilaksanakan kegiatan simulasi kebencanaan dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan menindaklanjuti surat dari Dinas Sosial Kabupaten Jembrana Nomor : 460/619/DL/Dinsos/2024, perihal : Hari Kesiapsiagaan Bencana. 

Hari Kesiapsiagaan Bencana diperingati pada tanggal 26 April setiap tahunnya. Peringatan tersebut dicetuskan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). BNPB menginisiasi peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana setiap tahunnya untuk meningkatkan kesadaran serta kewaspadaan masyarakat, terlebih untuk yang menetap di daerah rawan bencana. 

Sejarah Hari Kesiapsiagaan Bencana
Dilansir Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jembrana, BNPB menjadi inisiasi dalam menjadikan tanggal 26 April sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), tanggal tersebut dipilih untuk memperingati ditetapkannya UU No.24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Hari Kesiapsiagaan Bencana merupakan acara nasional tahunan. Peringatan HKB telah dilakukan sejak tahun 2017, hal tersebut dilatarbelakangi oleh UU yang ditetapkan 10 tahun sebelumnya. Sejak tahun 2017, BNPB melalui Hari Kesiapsiagaan Bencana selalu mengedepankan aksi nyata serta menjadi momentum untuk membangun budaya sadar bencana dimana masyarakat melakukan evakuasi secara mandiri secara rutin.

Tujuan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN)

Tujuan diadakannya HKBN ini agr masyarakat terdorong untuk melakukan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana. Berdasarkan data dari Geoportal BNPB, selama periode Januari-April 2024 ini Indonesia dilanda 629 bencana dengan banjir yang paling banyak terjadi yakni sebanyak 408 kejadian di seluruh Indonesia.  Tentu saja angka ini menunjukan bahwa tidak dipungkiri bahwa Indonesia dikelilingi oleh kejadian bencana alam yang bisa terjadi kapan saja. Oleh karena itu jika diberi bekal pencegahan dan perlindungan diharapkan bisa meminimalisir angka kerusakan dan kematian akibat bencana alam.

Tema Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024
Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana setiap tahunnya mempunyai tema yang berbeda-beda. Dilansir situs Kemdikbus, Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024 mengusung tema "Siap untuk Selamat", sementara subtemanya yakni "Indonesia Tangguh Indonesia Hebat".
Gerakan Siap untuk Selamat dilaksanakan dengan simulasi evakuasi mandiri secara nasional. Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak pada 26 April mulai pukul 10.00 waktu setempat di seluruh Indonesia.

Kegiatan simulasi kebencanaan Hari Kesiapsiagaan Bencana Desa Tegalbadeng Barat berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.

#SiapUntukSelamat

#HKB2024

#HKBBali2024