POSYANDU BALITA MAWAR INDAH BANJAR TENGAH APRIL 2024

  • Apr 20, 2024
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat

Tb. Barat - Sabtu, 20 April 2024, Jam : 08.30 Wita s/d selesai, kegiatan Posyandu Balita Mawar Indah di Banjar Tengah kembali dilaksanakan secara rutin setiap bulannya, yang dilaksanakan oleh Kader Posyandu Balita Mawart Indah Banjar Tengah Desa Tegalbadeng Barat, didampingi oleh Bidan Desa serta petugas kesehatan UPTD Puskesmas II Negara.

Pada kegiatan posyandu balita hari ini peserta yang hadir berjumlah 30 balita, yang mendapatkan pelayanan vaksin : 18 balita.

Kegiatan posyandu balita adalah merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan.

Kegiatan Posyandu antara lain :

1. Penimbangan Balita

Penimbangan secara rutin di posyandu untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula.

2. Imunisasi 
Di posyandu balita akan mendapatkan layanan imunisasi yang diberikan sesuai usia. 
Macam imunisasi yang diberikan di posyandu adalah 
- BCG untuk mencegah penyakit TBC.
- DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus.
- Polio untuk mencegah penyakit kelumpuhan.
- Hepatitis untuk mencegah penyakit hepatitis (penyakit kuning).
-Campak untuk mencegah penyakit campak pada balita

3. Peningkatan Gizi 
Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh petugas puskesmas dan bidan desa berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita.

Selain memberikan Imunisasi dan PMT pada balita petugas juga melaksanakan pemeriksaan pada Balita salah satunya mengukur tinggi badan dan berat badan Bayi. Petugas UPTD Puskesmas II Negara juga memberikan penyuluhan tentang Gizi kepada ibu-ibu, yang bertujuan untuk meningkatkan status gizi masyarakat, khususnya golongan rawan dengan cara mengubah perilaku masyarakat ke arah yang baik sesuai dengan prinsip ilmu gizi.

Diakhir kegiatan UPTD Puskesmas 2 Negara didampingi oleh kader Posyandu Balita menyampaikan bahwa pentignya Pencegahan STUNTING mengingat banyak warga yang belum paham apa itu stunting, sehingga perlu diadakannya sosisalisasi serta pencegahannya, pencegahan stunting salah satunya memberikan ASI eksklusif, pola asuh yang tepat, melakukan skrining 3 bulan sebelum menikah.

Pelayanan Kesehatan Balita berjalan aman, tertib dan lancar.