BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH DI SDN 3 TEGALBADENG BARAT TAHUN 2024

  • Sep 05, 2024
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat

Tb. Barat - Kamis, 05 September 2024. Bertempat di SDN 3 Tegalbadeng Barat telah dilaksanakan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Kegiatan ini dilaksanakan oleh petugas kesehatan UPTD Puskesmas II Negara. Sasaran pelaksanaan BIAS adalah anak kelas 1 , 2, 5 dan 6. Anak kelas 1 akan mendapatkan imunisasi  campak dan rubella (MR) dan imunisasi Diphteria Tetanus (DT), anak kelas 2 dan 5 akan mendapatkan imunisasi (DT), sedangkan anak Perempuan kelas 5 dan 6 akan mendapatkan imunisasi Human Papillomavirus Vaccine (HPV). 

Dalam melaksanakan imunisasi pada kegiatan BIAS, sasaran yang harus dijangkau tidak hanya anak yang sekolah atau berada di satuan pendidikan tetapi juga anak usia sekolah yang tidak sekolah dengan ketentuan sebagai berikut :

No

Vaksin

Usia Anak Tidak Sekolah

1

MR

Usia 7 Tahun

2

DT

Usia 7 Tahun

3

Td

Usia 8 Tahun dan 11 Tahun

4

HPV

Usia 11 Tahun dan 12 Tahun

Bagi sasaran yang tidak sekolah, imunisasi dapat dilaksanakan di  puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Target kegiatan BIAS di SDN 3 Tegalbadeng Barat yaitu Kelas I : 22 Anak, Kelas II : 22 Anak, Kelas 5 : 32 Anak, Kelas 6 : 29 Anak. 

Pemberian imunisasi pada anak usia sekolah dasar atau disebut BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) adalah pemberian imunisasi lanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakt campak, rubella, difteri, tetanus dan kanker serviks.

Human Papillomavirus Vaccine (HPV) ini bisa diberikan kepada anak-anak yang memasuki masa remaja. Vaksin HPV adalah jenis vaksin yang dapat membantu melindungi individu dari infeksi HPV yang merupakan penyebab utama kanker serviks dan kanker penis, infeksi kulit, termasuk kutil kelamin. HPV adalah virus yang menyebar melalui hubungan seksual dan dapat menyebabkan infeksi pada area genital dan anus.

Setiap anak usia sekolah harus dipastikan memiliki riwayat imunisasi rutin lengkap yang bertujuan untuk 1) Meningkatkan kekebalan anak usia sekolah terhadap penyakit Campak, Rubela, Tetanus, dan Difteri. 2) Memberikan kekebalan bagi anak perempuan usia sekolah terhadap penyakit Kanker leher rahim. 3) Menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit Campak, Rubela, Tetanus, Difteri dan Kanker leher rahim.

Selama kegiatan imunisasi berjalan dengan aman, tertib dan lancar.