RAPAT PEMBENTUKAN SEKOLAH LANSIA DI KELOMPOK BINA KELUARGA LANSIA TEGALBADENG BARAT TAHUN 2024

  • Sep 09, 2024
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat

Tb. Barat - Senin, 09 September 2024. Bertempat di Aula Perbekel Tegalbadeng Barat telah dilakukan rapat untuk membentuk Sekolah Lansia di Kelompok Bina Keluarga Lansia dengan Nama Sekolah Lansia Werda Kerthi Winangun. Hadir pada rapat tersebut Bapak Perbekel, Ibu Ketua PKK, Bapak Sekdes, Para Kelian Dinas se-Desa Tegalbadeng Barat, Bidang Pelaksana Kegiatan KaUr Perencanaan dan Pengurus Bina Keluarga Lansia Tegalbadeng Barat.

Sekolah Lanjut Usia adalah merupakan pendidikan informal sebagai mitra dalam membangun dalam membantu pelaksanaan UU No. 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Sasaran dari program sekolah lansia adalah masyarakat yang berusia di atas 60 tahun.

Sekolah lansia adalah sebuah program atau kegiatan yang dirancang khusus untuk menyediakan pelatihan dan pendidikan kepada orang yang sudah memasuki usia lanjut atau lansia. Tujuannya adalah untuk membantu para lansia meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam berbagai aspek kehidupan, seperti kesehatan, keterampilan sosial, keterampilan finansial, dan keterampilan teknologi. Sekolah lansia biasanya diadakan lembaga pemerintah, organisasi swasta, atau lembaga sosial. Materi pelajaran yang diberikan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dan minat para lansia, sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal bagi mereka. 

Selain itu, sekolah lansia juga dapat menjadi tempat untuk bertemu dengan teman-teman sebaya dan meningkatkan kualitas hidup sosial mereka. Materi yang dipelajari di sekolah lansia Matahari mulai dari pembekalan ilmu kesehatan, keterampilan sosial, hingga permaianan.

Sekolah Lansia merupakan upaya meningkatkan pengembangan program kelanjutusiaan. Untuk mewujudkan lansia yang SMART, lansia perlu diintervensi pada aspek 7 dimensi lansia tangguh. Sekolah lansia tidak hanya melakukan kegiatan belajar-mengajar tetapi ada juga permaianan untuk membangun kebahagiaan para lansia. Di sekolah lansia, mereka memiliki wadah untuk bertemu dengan orang-orang sebaya, bertukar informasi, berbagi pengalaman, dan meningkatkan jaringan sosial. Hal itu dapat membantu para lansia untuk tetap aktif dan terlibat dalam kegiatan sosial, sehingga dapat menghindari rasa kesepian atau isolasi sosial.

Pelaksanaan Rapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.