PENYINEBAN PIODALAN PURA DESA LAN PUSEH TEGALBADENG KAUH TAHUN 2024

  • Mar 26, 2024
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat

Tb. Barat - Senin, 25 Maret 2024. Bertepatan dengan Purnama Kedasa tanggal 24 Maret 2024, Desa Pekraman Tegalbadeng Kauh melakukan Piodalan Pura Desa lan Puseh. Rangkaian upacara piodalan sudah dimulai dari hari Selasa, 19 Maret 2024, hingga hari Penyineban pada hari Senin 25 Maret 2024.

Pura Puseh Desa lan Puseh merupakan Pura Khayangan Tiga, secara etimologi Khayangan Tiga terdiri dari dua kata yaitu khayangan dan tiga. Khayangan berasal dari kata yang berarti suci mendapatkan awalan ka dan akhiran an yang menunjukan tempat dan tiga artinya tiga. Arti selengkapnya adalah tiga buah tempat suci, yaitu Pura Desa atau Pura Bale Agung, Pura Puseh, dan Pura Dalem. Fungsi Pura Desa adalah tempat pemujaan Dewa Brahma dalam fungsinya sebagai pencipta alam semesta, Pura Puseh adalah tempat pemujaan Dewa Wisnu dalam fungsinya sebagai pemelihara alam semesta, dan Pura Dalem adalah tempat memuja Dewa Siwa serta sakti dengan fungsi sebagai pelebur alam semesta. Di Pura Puseh, beliau dipuja sebagai Sanghyang Triyodasa Sakti. Di Pura Desa, beliau dipuja sebagai Sanghyang Tri Upasedhana. Di Pura Bale Agung, beliau dipuja sebagai Sanghyang Bhagawati. Di perempatan jalan raya beliau dipuja sebagai Sanghyang Catur Bhuwana.

Piodalan sendiri dapat diartikan sebagai perayaan hari jadi tempat suci. Upacara piodalan merupakan kewajiban karma desa dalam rangka membayar hutang kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa beserta seluruh manifestasinya yang disthanakan di pura kayangan desa. Piodalan ini terbagi menjadi dua yaitu (1) Piodalan alit (nyanang) dan (2) Piodalan Ageng dan di ikuti oleh seluruh warga karma baik yang tinggal di luar Desa maupun di desa itu sendiri yang terdiri dari berbagai dadia (klen).  Piodalan yang dilaksanakan di pura kayangan desa ada yang melaksanakan setiap 6 (enam) sekali dan ada yang melaksanakan setiap satu tahun sekali. Tujuan dari upacara piodalan adalah untuk mewujukan kehidupan yang harmonis dan sejahtera lahir batin dalam masyarakat.

Penyineban Piodalan Pura Desa Lan Puseh Desa Pekraman Tegalbadeng Kauh berjalan dengan aman, tertib dan lancar.