BULAN BAHASA BALI V WARSA 2023

  • Feb 27, 2023
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat
Lokasi Kegiatan: Aula Kantor Desa Tegalbadeng Barat
Tanggal Kegiatan: Feb 27, 2023 s/d Feb 27, 2023

Bulan Bahasa Bali V Warsa 2023 Desa Tegalbadeng Barat dan Desa Adat Tegalbadeng Kauh mengusung tema “Segara Kerthi – Campuhan Urip Sarwa Prani”, melaksanakan kegiatan lomba (wimbakara) Pidarta Basa Bali Tingkat Kelian Adat dan Kelian Tempek Se-Desa Adat Tegalbadeng Kauh dan lomba (wimbakara) Nyurat Aksara Bali Tingkat SD Se-Desa Tegalbadeng Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin tanggal 27 Februari 2023.

Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Camat Negara, Bapak Ketua Majelis Alit Desa Adat Kecamatan Negara, Bapak Perbekel Tegalbadeng Barat beserta perangkat desa, Pendamping Desa, Ibu Ketua BPD beserta anggota, Ibu Kepala LPM beserta anggota, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Bapak Bendesa Adat Tegalbadeng Kauh beserta Para Kelian Adat, Sabha Desa, Kerta Desa, Para Kepala Sekolah SD Se-Desa Tegalbadeng Barat, Pecalang, Panureksa, serta undangan lainnya.

Adapun peserta dari lomba Pidarta Basa Bali diikuti oleh 7 orang peserta, dan Lomba Nyurat Aksara Bali Tingkat SD diikuti oleh 9 orang peserta.

Pada kesempatan tersebut Bapak Ketua Juri (Panureksa) Bapak I Putu Manudipa memberikan pemaparan bahwa penilaian lomba Pidarta Basa Bali memiliki 4 kriteria penilaian yaitu : 1. Wiraga adalah penampilan dan kecakapan dalam bertutur bahasa bali, 2. Wirasa adalah Penguasaan materi yang dibawakan, 3. Wirama adalah suara vocal harus jelas (artikulasi), dan 4. Ringkesan (Sesimpulan) Baos adalah kesimpulan dari semua pidarta dan pesan-pesan yang disampaikan harus bisa  dan mudah dimengerti oleh para penonton, disamping itu pemahbah (kata pengantar), unteng (isi dan pokok bahasan) dan pemuput baos (kesimpulan) harus saling berhubungan dan saling berkaitan.

Pemenang Lomba Pidarta Basa Bali :

No

Pemenang

Nilai

Nama Pemenang

1.

Juara I

933

I Kade Angga Kukuh Stiawan

2.

Juara II

896

I Nengah Soma

3.

Juara III

878

I Komang Gilang PS Danda S

4.

Juara Harapan I

837

I Putu Sujana

5.

Juara Harapan II

828

I Komang Suarna

6.

Juara Harapan III

827

I Gst. Ketut Arya Wiarta

7.

Juara Harapan IV

800

I Ketut Kardiasa

 

Pemenang Lomba Nyurat Aksara Bali Tingkat SD

No

Pemenang

Nilai

Nama Pemenang

1.

Juara I

913

Gst. Agung Ngurah Kadek Weda S.

2.

Juara II

909

Ayu Putu Meita Putri Mahayani

3.

Juara III

901

I Putu Sukrisna Harta Wijaya

4.

Juara Harapan I

894

Al Fina Diaul Hoiroh

5.

Juara Harapan II

887

Ni Putu Diah Putri Anggraeni

6.

Juara Harapan III

882

Ni Putu Ayu Devika Febyanti