POSYANDU MAWAR INDAH BANJAR TENGAH

  • Mar 20, 2023
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat
Lokasi Kegiatan: Balai Banjar Tengah
Tanggal Kegiatan: Mar 20, 2023 s/d Mar 20, 2023

Pada hari Senin, 20 Maret 2023, Posyandu Mawar Indah Banjar Tengah melakukan kegiatan pelayanan bertempat di Balai Banjar Tengah dengan jumlah kehadiran 35 balita, pelayanan vaksin : DPT : 7 balita, Campak : 7 balita, JE : 3 balita , dan BCG : 4 balita.

Pos Pelayanan Terpadu atau Posyandu adalah salah bentuk fasilitas kesehatan yang diutamakan untuk ibu dan anak, khususnya balita. Posyandu menjadi perpanjangan tangan dari Puskesmas untuk memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu.

Kegiatan yang dilaksanakan dapat berupa imunisasi, pendidikan gizi, serta pelayanan kesehatan ibu dan anak. Penyelenggaraannya dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat dengan dibantu petugas kesehatan.

Pelayanan dari Posyandu balita bisa diperoleh tanpa mengeluarkan biaya sehingga tidak membebani masyarakat. Namun, tidak seperti Puskesmas yang memberi pelayanan setiap hari Senin-Sabtu, Posyandu melayani setidaknya satu kali dalam sebulan.

Jenis pelayanan yang diselenggarakan posyandu untuk balita mencakup penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala anak, evaluasi tumbuh kembang, serta penyuluhan dan konseling tumbuh kembang. Hasil pemeriksaan tersebut kemudian dicatat di dalam buku KIA atau KMS.

Pelayanan Kesehatan Ibu dan Balita selama kegiatan berjalan aman dan lancar.