PIN POLIO TK CANDRA KIRANA TEGALBADENG BARAT

  • Jul 27, 2024
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat

Tb. Barat - Sabut, 27 Juli 2024. Bertempat di TK Candra Kirana Tegalbadeng Barat telah dilaksanakan kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang dilaksanakan dari Jam 08.00 Wita sampai dengan 10.00 Wita. Estimasi anak-anak yang akan di imunisasi Polio hari ini sebanyak 50 anak-anak.

PIN Polio serentak dilaksanakan di 27 Provinsi di seluruh Indonesia, pelaksanaan tersebut akan dilaksanakan dua putaran. Untuk putaran pertama pada 23-29 Juli 2024 dan putaran kedua 6-12 Agustus.

Dilansir dari laman website KemKes diberitakan pemberian imunisasi pada PIN Polio sangat penting untuk mencegah virus polio yang dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen, terutama pada anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi polio lengkap. Sasaran PIN Polio adalah anak usia 0 hingga 7 tahun (7 tahun 11 bulan 29 hari) tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Vaksin yang akan diberikan adalah vaksin imunisasi tetes dan suntik. Sebelumnya, imunisasi IPV diberikan pada bayi hanya di usia 4 bulan. Namun, mulai tahun 2023 bayi wajib disuntik IPV pada usia 4 bulan dan 9 bulan.

Pemberian imunisasi lengkap atau kombinasi imunisasi polio tetes (OPV) dan imunisasi polio suntik (IPV) diperlukan untuk membentuk kekebalan yang optimal terhadap semua virus polio. Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan PIN Polio yang dilaksanakan untuk memperkuat imunitas serta kekebalan, terutama untuk polio tipe 2 yang saat ini sangat rendah. Hal ini juga sebagai upaya untuk memutus transmisi virus polio yang telah ada saat ini.

Pelaksanaan kegiatan PIN Polio di Teluk Limo berjalan dengan aman, tertib dan lancar.