POSYANDU BALITA PUANA UTARA BANJAR PUANA BULAN APRIL 2024

  • Apr 13, 2024
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat

Tb. Barat -  Sabtu, 13 April 2024, bertempat di Balai Banjar Puana, Kader Posyandu Balita Puana Utara dibantu oleh Bidan Desa dan Petugas Kesehatan Puskesmas UPTD II Negara, melakukan kegiatan Posyandu dari Jam : 08.30 Wita sampai dengan selesai. Pada kegiatan posyandu balita hari tersebut peserta yang hadir berjumlah 35 balita, balita yang mendapatkan pelayanan imunisasi sejumlah 19 balita.

Jenis pelayanan yang diselenggarakan posyandu untuk balita mencakup penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala anak, evaluasi tumbuh kembang, serta penyuluhan dan konseling tumbuh kembang. Hasil pemeriksaan tersebut kemudian dicatat di dalam buku KIA atau KMS.

Posyandu adalah jenis pelayanan kepada anak untuk memantau tumbuh kembang anak, sehingga anak terhindar dari risiko kekurangan gizi atau gizi buruk. Mendeteksi sejak dini bila terdapat kelainan pada anak, ibu hamil, dan ibu menyusui, sehingga penanganan dapat segera dilakukan.

Ada banyak manfaat Posyandu yang belum disadari oleh para ibu. Dengan rutin datang ke Posyandu, tumbuh kembang anak selama masa keemasannya (0-5 tahun) akan terpantau dengan baik. Tidak hanya ditimbang dan diukur tinggi badannya, anak-anak akan diberikan asupan makanan bergizi yang baik untuk pertumbuhan. Para ibu juga bisa berkonsultasi langsung dengan kader kesehatan dan/atau petugas kesehatan, sehingga berbagai permasalahan kesehatan anak dapat segera terselesaikan dengan benar. Lebih dari itu, para ibu bisa berbagi pengalaman dengan ibu lainnya selama berada di Posyandu. Hal ini tentu akan berdampak sangat positif pada tumbuh kembang anak.

Pelayanan Kesehatan Ibu dan Balita selama kegiatan berjalan aman dan lancar.