PIODALAN PURA PADMASANA KANTOR DESA TEGALBADENG BARAT BULAN PURNAMA KETIGA TAHUN 2024

  • Sep 17, 2024
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat

Tb. Barat - Selasa, 17 September 2024. Bertepatan dengan hari Raya Purnama Sasih Ketiga, dilaksanakan upacara Piodalan yang bertempat di area Pura Padmasana Kantor Perbekel Tegalbadeng Barat dan diikuti oleh Bapak Perbekel, Bapak Sekdes, seluruh Perangkat Desa yang beragama Hindu, Ketua BPD dan anggota, Ketua LPM dan anggota dan warga masyarakat sekitar. Piodalan ini dilaksanakan setiap Purnama KeTiga setiap tahunnya. 

Fungsi utama Padmasana adalah sebagai tempat pemujaan Tuhan Yang Maha Esa. Di situlah Tuhan dipuja dalam fungsinya sebagai jiwa alam semesta (makrokosmos) dengan segala aspek kemahakuasaanya. 

Piodalan sendiri berasal dari kata “wedal” yang memiliki arti “keluar” atau “lahir”. Jadi, layaknya perayaan hari ulang tahun, upacara odalan tersebutlah ditetapkan sebagai hari lahir sebuah Pura Padmasana. Dengan kata lain, piodalan merupakan peringatan hari lahirnya sebuah tempat suci umat Hindu. Makna upacara piodalan adalah untuk memohon keselamatan, sehingga dapat terwujud kehidupan yang harmonis, keseimbangan antara buana agung dan buana alit, sejahtera lahir batin bagi seluruh pengempon dan dalam pelaksanaan tugas kedinasan senantiasa dapat berjalan dengan lancar.

Kegiatan Piodalan Pura Padmasana berjalan dengan aman, tertib dan lancar.