KEGIATAN PERTEMUAN KELOMPOK KERJA KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS DESA TEGALBADENG BARAT SEPTEMBER 2024

  • Sep 19, 2024
  • Admin Desa Tegalbadeng Barat

Tb. Barat - Kamis, 19 September 2024. Bertempat di Aula Perbekel Tegalbadeng Barat telah dilaksanakan kegiatan pertemuan operasional penggerakan kelompok kerja (PokJa) di Kampung Keluarga Berkualitas Desa Tegalbadeng Barat untuk bulan September 2024. Kegiatan pertemuan tersebut dihadiri oleh Sekdes Tegalbadeng Barat Bapak I Wayan Wardana, Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Bapak Ade Randy Indra Jaya, S.Kep., serta para anggota PokJa Kampung Keluarga Berkualitas Desa Tegalbadeng Barat.

Pertemuan tersebut dibuka oleh Bapak Ketua Pokja Kampung Berkualitas Tegalbadeng Barat Bapak I Wayan Wardana sekaligus memaparkan program kerja yang telah berjalan selaras dan menyesuaikan dengan pelaksanaan program dalam APBDes. Contoh seperti pelaksanaan posyandu-posyandu tetap berjalan dengan rutin. Sedangkan dalam bidang pendidikan usia dini rencana kegiatannya yaitu menyelesaikan tembok penyengker di areal TK Candra Kirana yang tahun kemaren baru sebagian, serta pengadaan meja-kursi, rak buku, dan bel sekolah di TK yang anggarannya sudah dimasukkan ke dalam anggaran perubahan termasuk ke dalam program prioritas APBDes Tahun 2024. Pada pertemuan tersebut juga ditekankan kembali kepada masing-masing bidang di dalam PokJa Kampung Keluarga Berkualitas Desa Tegalbadeng Barat untuk selalu mengevaluasi dan berkoordinasi serta juga selalu ingat tertib administrasi yaitu mengisi buku kegiatan. "Apapun bentuk kegiatan yang telah dilakukan mohon dituangkan dalam bentuk tulisan ke dalam buku kegiatan yang telah diberikan yang menjadi tugas dan tanggung jawab masing-masing Bidang PokJa, sehingga suatu saat nanti jika ada pemeriksaan oleh pihak terkait semua bentuk administrasi sudah siap." harap beliau. 

Dalam kesempatan tersebut Bapak Indra selaku PLKB memberikan arahan kedepannya website Kampung KB, website Rumah Dataku, dan Aplikasi Sistem Informasi Keluarga (SIGA)dikarenakan database di pada Rumah Dataku belum sempat diupdate kembali, dimohonkan kepada Ibu Bidan selaku pemegang data balita per banjar yang nantinya akan entrydata ke dalam website Kampung KB. Secara garis besar website SIGA termuat mengenai pendataan keluarga, pelayanan kontrasepsi dan pengendalian lapangan. "Pendataan keluarga ini penting buat ngukur indikator kependudukan, dengan demikian nantinya bisa lihat karakteristik keluarga dan individu anggota keluarga, juga mencatat karakteristik dan kualitas pembangunan keluarga, khususnya yang beresiko stunting. Diharapakan melalui SIGA, data pengendalian lapangan, termasuk hasil pendataan keluarga bisa lebih terorganisir, sehingga pemutakhirannya dapat diintergrasikan dalam satu sistem menuju satu data." imbuh Bapak Indra.

Kegiatan ini dimoderator oleh Sekretaris Kampung KB Bapak Habib Bassahid.

Pertemuan Kelompok Kerja Kampung Keluarga Berkualitas berjalan dengan aman, tertib dan lancar.